Rabu, 21 September 2011

Sekilas Tentang Kateter


Karena dua kali gue sebut soal kateter dalam blog gue, jadi supaya ada gambaran, dijelasin dikit y tentang kateter. Of course gak ampe detail (cara pasang, alat-alat apa aja, resiko, dll) .. karena masang kateter termasuk tindakan invasif lho, dan perlu ada inform consent dari pasien. Kalo mau tahu apa itu inform consent, bisa dibaca di sini.


Yup, KATETER. Kateter yang umum bagi seorang dokter umum adalah selang untuk dimasukkan ke dalam saluran kencing. Ada lagi kateter untuk jantung, tapi itu gak familiar buat gue, n bukan kompetensi seorang dokter umum juga.

Kapan seh kateter dipake? Ya, kalo pasien gak bisa kencing, kaya kasus dalam blog gue, yakni BPH alias pembesaran prostat. Tetapi kateter juga dipasang pada pasien yang mau operasi besar, karena kita harus menghitung masuknya cairan (dari infus terutama) dan keluarnya cairan (perdarahan saat operasi, air kencing). Jadi antara cairan yang masuk dan keluar tubuh harus balance, makanya kencingnya juga kudu diitung volumenya.

Selain itu, kateter dipasang pada pasien yang trauma atau kecelakaan di UGD. Tetapi pasien dengan trauma pelvis gak boleh dipasang kateter, soale ditakutkan ada trauma pada saluran kencing. DImasukin kateter makin trauma deh. Pada pasien yang diopname pun, terkadang dipasang kateter. Tujuannya juga buat ngitung berapa cairan yang keluar, supaya gak terjadi kelebihan cairan di dalam tubuh karena kebanyakan infus.

Kalo gak bisa pasang kateter, ada cara lain untuk ngambil saluran kencing, yakni dengan aspirasi suprapubik. Jadi menyedot air kencing pake jarum yang ditusukkan langsung ke kantong kemihnya. Tapi ini mah kalo dah bener-bener gak bisa pake kateter.

Yo wez, cukup kayanya d keterangan mengenai kateter. Kita liat-liat dulu y, kaya gimana seh alatnya.
Kaya gini neh alatnya ... 

Diunduh dari http://www.leadone88.com

Nah, bentuknya selang kan? Trus di ujungnya kaya ada balon. Awalnya balonnya kudu kempes. Nanti di bawah diterangin lebih lanjut soal balonnya. Di ujung lainny ada 2 ujung. Yang satu buat keluarnya air seni yang bakal ditampung di urine bag (kantong khusus buat nampung kencing).

Selang satunya buat masukin cairan supaya balonnya bisa mengembang. Masukinnya pake jarum suntik. Cairan yang dimasukin itu NaCL.


Gambar di samping ini namanya urine bag. Saluran kecil di bagian atas itu yang bakal disambungin ke kateter. Sementara di bawahnya kaya ada pipa pendek kan? Kalo pengen buang air kencingnya, tinggal dibuka pipa pendek di bawah itu, dan air kencingnya akan mengalir. Nah, kalo di rumah sakit, air kencingnya kudu diitung (di kantongnya sendiri memang ada ukuran volumenya), tapi kadang kita ulang itungannya pake gelas ukur. Terkadang air kencingnya juga diambil buat pemeriksaan lab.



Selang itu yang dimasukin ke dalam saluran kencing pasien ampe nyampe kantong kemih (di gambar ditulisnya bladder). Kaya gini gambarnya. 

Diunduh dari www.bedahumum.com

Nah, ada balonnya tuh di gambar atas (yang bulet warna kuning). Saat kateter dah masuk, trus ditest dulu apa dah masuk ke kantong kencing apa masih di uretra (saluran di bawah kantong kemih). Nah, kalo dah masuk kandung kemih, baru balonnya dikembangin, supaya kateternya gak keluar lagi.

O y, segalanya dikerjain dalam keadaan steril. Jadi pake sarung tangan steril (ada juga sarung tangan yang gak steril), kaen penutup sekitarnya, trus pake obat bius juga (tapi dalam bentuk gel). Pintu masuk saluran dan sekitarnya juga kudu disterilkan dengan betadine. Jadi prosedurnya memang agak ribet. Hehe .. Tapi gak seribet prosedur operasi.

Yak, segitu dulu. Kalo mw nanya ato ninggalin comment, silakaan .. Ditunggu yaa .. \(^o^)/


1 komentar:

  1. ane pernah dipasangin kateter gan.....pas dipasang ane gak ngerasain apapun krn dibius waktu operasi.
    nah pas giliran mau di lepas tuh kateter boneng gan rasanya.....ampun dah...

    BalasHapus

C'mon! I ' m waiting your response ... /(^o^)/ /(^o^)/ /(^o^)/