Senin, 21 November 2011

Colok Dubur, Antara Enggan n Kudu! (-_-)'


Yak, kali ini kita bahas sedikit mengenai salah satu pemeriksaan yang dianggap 'jorok banget' di dalam Ilmu Kedokteran. Sebenernya, hampir semua pemeriksaan Kedokteran itu berhubungan dengan kata jorok, karena kita mengumpulkan air kencing, feces, darah -pokoknya semua cairan tubuh manusia yang bisa diambil- untuk diperiksa.  Bukan hal aneh kalo tiap pagi kita ngumpulin kencing dari kateter, ato ngambil sedikit tinja manusia untuk dibawa ke lab. Hehe .. Tapi kali ini kita bahas pemeriksaan yang memeriksa langsung dubur dengan jari, alias colok dubur!

Sebenarnya, kenyang juga melakukan pemeriksaan ini saat koas (ga ngitung tepatnya berapa kali seh melakukannya). Tapi saat dah jadi dokter, tak pernah sekalipun gue melakukannya. Hehe .. Enggan banget! Tapi semua itu berubah saat gue mengikuti suatu MCU (Medical Check Up) untuk suatu perusahaan. Di situ, diharuskan untuk melakukan colok dubur, kecuali pasiennya menolak. Gak tanggung-tanggung, ada kali 10 orang gue colok duburnya dalam sehari (dalam sehari, pasien MCU bisa ampe 25, yahh .. Lumayan juga 15 orang nolak. Emang mau dokternya juga .. Hehe .. )

Dulu sewaktu koas bagian bedah, ada aturan kalo semua pasien bagian bedah kudu dilakukan colok dubur. Tapi itu kayanya cuma isu doang! Atau karena waktu case report (koas sebagai presentan membawakan suatu kasus yang menarik di depan dosen dan teman-teman koas lain) dimana suatu kasus perlu dilakukan colok dubur, sementara si koas tidak melakukan .. Akhirnya berujung pada hukuman massal, yakni jaga bareng (waktunya bervarasi, bisa 1 hari, 3 hari, 1 minggu, ato ampe 5 minggu alias selama ada di Bedah, bahkan kalo perpanjang di Bedah bisa jaga ampe 10 minggu tuh- yahh, 3 hari sekali boleh pulang selama 2 jam khusus buat ambil baju n perlengkapan doang) … Jadi colok dubur is a must! Hehe ..

Nah, selama di klinik, jujur aja, gue agak males melakukan pemeriksaan tersebut. Jadi kalo ada pasien mengarah ke yang perlu begituan, gue rujuk ke rumah sakit. Biasanya walaupun gue lakukan colok dubur, di rumah sakit pemeriksaan itu akan diulang. Jadi, gak perlu melakukan colok yang tidak menyenangkan itu (buat pasien n buat pemeriksa pula tentunya) ampe 2 x!

Yah, walaupun pemeriksaan ini agak jorok, tapi emang penting. Banyak sekali gunanya, terutama berhubungan dengan usus n anus. Tentu saja, sebelum melakukan, pasiennya kudu setuju, soale ini termasuk tindakan invasif. Kalo pasien gak setuju, kudu tanda tangan dalam kertas yang menyatakan kalo dia menolak pemeriksaan ini.

Selaen colok dubur, ada juga colok vagina. Tapi ini she biasanya kita lakukan saat menjelang kelahiran, untuk memastikan pembukaan jalan lahir n turunnya kepala bayi. Ibu-ibu yang pernah melahirkan pasti pernah merasakan yang namanya colok vagina. Tapi bagi yang belum menikah, gak bakal dilakukan colok vagina. Karena dokternya kalo gitu harus bertanggung jawab!

Oke, balik ke colok dubur. Dengan colok dubur, sebenernya bisa ketahuan suatu diagnosa tanpa perlu pemeriksaan rontgen. Tapi sekarang she, dokter tetep minta pemeriksaan rontgen untuk memastikan diagnosa. Tapi colok dubur dijadikan lini pertama untuk menduga ke arah diagnosa tertentu.

Apa aja yang bisa didiagnosa dengan colok dubur?
  • Wasir. Bahasa kedokterannya haemorrhoid. Nah, wasir ini ada yang di luar (eksterna), ada pula yang di dalam (interna). Kalo di luar, langsung keliatan tanpa perlu kita masukkan jari ke anus. Kalo yang interna, perlu masuk jari ke anusnya.
  • Tumor dubur. Bisa langsung keliatan saat pasien mengedan sebelum masukin tangan, tapi kalo tumornya di dalam n gak keliatan, perlu masukin tangan juga. 
  • Trauma usus. Kalo ini, biasanya ada darah saat kita masukin jari ke anus. Tentu saja sebelumnya pasien harus ada riwayat trauma pada daerah dada atau daerah perut. Tapi belum ketahuan traumnya itu kena usus apa Cuma ampe otot doang. Nah, kalo di sarung tangan kita ada darah pada pasien demikian,hampir pasti kalo tuh pasien juga mengalami trauma pada ususnya, sehingga ususnya berdarah. 
  • Gangguan pada prostat. Pembesaran prostat ato tumor pada prostat juga bisa ditegakkan tanpa perlu periksa PSA (Prostat Spesific Antigen). Kalo periksa PSA ini perlu pake lab (otomatis lebih mahal). Tapi tentu saja, untuk prostat perlu jari yang panjang n agak menjorok masuk, soale letak prostat kan di dalam banget. Buat jari ce agak susah, apalagi kalo jarinya pendek kaya jari gue. 
  • Kalo dapet feces saat pemeriksaan, langsung fecesnya bisa diperiksa lebih lanjut. Kalo terlihat feces berwarna hitam (melena) atau merah (hematokhezia), kemungkinan ada perdarahan di saluran pencernaan.  
  • Banyak yang laen, bahkan ampe penyakit kelamin pun bisa ketahuan. Tapi yang dibahas di sini yang umum2 aja ye ..



Nah, colok dubur sangat berguna kalo kita di daerah pelosok, dimana gak ada peralatan laboratorium yang lengkap ataupun rontgen. Banyak lho daerah di Indonesia yang memang begitu. Ato pasiennya gak punya uang atau asuransi untuk bayar rontgen. Kalo colok dubur kan 'cuma' perlu jari dokternya, sarung tangan, n sedikit gel (biar pas masuk gak ketahan di anusnya) … gak perlu pake mesin apa-apa .. 

Gimana periksanya?
Yak, secara garis besar aja y … Pertama kita buka dulu lipetan pantatnya ampe ketemu lubang anusnya, trus pasien disuruh mengedan. Nah, dari mengedan bisa ketahuan, kalo ada wasir di luar atau tumor di luar.  Kalo ada kaya gitu, menurut ajaran dari dosen gue gak boleh masukin jari lagi. Itu kontraindikasi. Tapi ada yang bilang tetep boleh. Yah, tergantung ajaran masing-masing juga.

Kalo udah gitu, minta pasien tarik nafas panjang, trus kita masukin deh jari telunjuk ke anusnya. Mulai merasakan kekuatan otot anusnya (kalo meningkat atau menurun berarti ada kelainan), raba sekeliling ototnya (jadi tuh jari muter) mencari-cari ada gak benjolan atau yang gak normal, trus masuk ke ampula rekti (kalo kolaps berarti ada kelainan), ampe raba lebih jauh k prostatnya. 

Diunduh dari http://www.uptodate.com.  Nah, prostat bisa keraba tuh melalui dinding rektal.


Kalo udah, kita keluarin jari kita, n kita liat di sarung tangan, ada darah, feces, atau nanah ga. Kalo ada, kita olesin di kaca preparat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Secara singkat, begitu deh pemeriksaan colok dubur. Sederhana memang, tapi jujur aja, enggan melakukannya. Tapi saat dihadapkan pada kata 'kudu', terutama dokter di daerah (supaya jangan ampe miss diagnosa), y antara mau n gak mau .. Yoo, lakukan aja! (-_-)'

(o y, gambar gak ditampilin y, soale agak vulgar .. jadi cuma diterangin pake kata-kata saja) ...  x(^o^)x

2 komentar:

  1. huaaaa baru kemaren ane ditusbol sama dokter pas mcu, setelah secara mengejutkan nyuruh lepas semua baju dan tiduran hadap samping, dia cuma bilang 'tenang ya tenang ya', lalu ditusbol lah ane.. ane sontak teriak 'HUAAAAAAAA!!' ane kira dokternya ngisengin ane huhuhu... mana belum nikah...

    BalasHapus
  2. Saya habis operasi ambeien, trs kata d0kternya d suru masukin jari saya ke dlm anus. Tp saya takut sakit. Sampai saat ini saya blm melakukannya.

    BalasHapus

C'mon! I ' m waiting your response ... /(^o^)/ /(^o^)/ /(^o^)/