Kamis, 24 November 2011

Colorful Winter : Behind d Design

Oke, untuk kedua kalinya design blog berubah. Awalnya kaya gini nee ...

Ini backgroundnya. 
Ini headernya.

Flower di mana-mana y? N so colorful. Hehe .. Sesuai dengan temanya, Flower Strands (untaian bunga) . Nah, untuk yang Flower Strands gak gue jelasin bagaimana proses pembuatannya. Kudunya dijelasin y, jadi bisa ngasi penghargaan buat designer yang bikin elemen-elemen yang gue pake dalam blog ini. Next time d ...  Singkatnya, semua elemen yang gue pake diambil dari scrapbook kit yang gue download dari www.shabbyprincess.com secara free, tapi gue campur-campur temanya.

Nah, posting ini dibuat untuk menghargai para designer yang telah merelakan elemen-elemen yang dia buat (seperti latar background, gambar snowy man, christmas tree, etc, etc) untuk gue pake secara gratis. N temen-temen pun bisa dapet itu secara gratis. Tinggal modal internet yang kaga lemot, karena kudu download elemennya dengan kapasitas yang lumayaaan gede.

Oke, gak panjang lebar lagi d .. Here it is ... Behind d Design of Colorful Winter! 


Karena sekarang bulan November, n di negara sono dah masuk winter, jadi mencoba mengikuti season dengan membuat tema winter. Kalo winter ada apa aja hayo? Di pikiran gue langsung tercetus snowy man. Lucuuu! So, gue pake snowy man first. Nah, yang kedua adalah warna! Biru muda bercampur putih salju. Karena biru muda n putih itu warna-warna yang menjurus kelabu,  winter pake warna itu biasanya digambarkan dengan kondisi yang kelabu. Dingiiin, n agak-agak gelap (kaya hopeless gitu). Nah, yang gue pengen buat itu suasana winter yang cerah n agak-agak lucuu ...

Sebelumnya, design yang gue pake seperti ini :

Backgroundnya. Cukup lucu seh sebenernya, tapi begitu headernya dibuat, kesan lucunya jadi ilang.

Ini design header yang pertama. Nah, tulisan 'Sisi Lain Seorang Dokter' itu gue buat pake photoshop dengan tulisan dari si Photoshop, ditambah efek yang bisa bikin glowing. Tinggal ubah style (gue lupa efek yang gue pake yang mana). Tapi pas disatuin ama backroundnya, jadi jelek. So gue ubah d .. jadi gini nee ...

Tulisan 'Sisi Lain Seorang Dokter' gue ubah pake warna coklat, trus tinggal dipermak deh. Cari option Layer di Menubar, trus klik Blending Options. Nah, coba-coba deh bikin jadi Drop Shadow, ato di Emboss. Pokoknya coba-coba aja ampe ketemu yang ok.

Awalnya cukup puas dengan design berikut, tapi makin diliat kok makin sendu y? Kok kayanya ni design kelabu banget y? Biarpun ada snowy man yang cukup lucu, tapi rasanya sangat kaku n sepii .... Btw, ini dikerjain secara mendadak n gak butuh waktu lama (2 apa 3 jam gichu), makanya jadinya agak biasa. Tapi ni design gak sesuai harapan gue. Pengennya kan winter yang bright n cerah, n biasanya buat cerah butuh warna-warna yang agak ceria. Kalo ini gak ada elemen warna ceria. 

So akhirnya coba-coba lagi utak-atik. N setelah bergulat dengan kompie selama 12 jam (yo ah, dikerjain malem pas pulang dari klinik n esok paginya saat libur), akhirnya jadi juga design yang baru. Ini nee designnya ...

Colorful Winter : The Background

Colorful Winter : The Header

Ditambah animasi Snow Ball (emang gue mau banget pake ini) n Santa Claus is Coming to Blog (hehe .. dua-duanya bisa didownload dari www.bloganimation.com - btw, tinggal klik aja tanda bloganimation.com di pojok kanan atas dari blog gue untuk langsung masuk ke websitenya), jadinya mantep d!

Hehe .. lumayan2! Gak sama dengan gambaran di otak gue seeh, tapi ini sudah mewakili suasana winter yang cerah. Sempet2 mikir 'apa terlalu norak y? tapi peduli amat ah!' daripada design sendu sebelumnya, gue lebih milih design agak norak ini.

D ELEMENT
Yup! Untuk bikin designnya, kudu ada elemen-elemnnya, mulai dari paper buat jadi background, ampe embellishment untuk digabung-gabungin sehingga terbentuk design yang ok. Yak, ini bahan-bahannya yoo ..

TEMPLATE. Watermark (dalam 'bahasa' dibilang tanda air). Ini yang paling compatibel. Btw, templatenya emang beda dari design blog yang laen. Kalo temen-temen blogger yang suka design sendiri lebih suka pake Template Minima. Nah, itu buat yang bisa bahasa pemrograman alias HTML. Karena gak bisa bahasa HTML, so gue cuma upload bacgroundnya n headernya dari kompie gue.Dari semua Template, gue paling cocok ama yang Watermark ni.

BACKGROUND
Ada 2 paper untuk background yang gue pake.

Light Blue Paper dari Moody Blue Scrapbook Kit www.shabbyprincess.com. Biru yang jadi latar postingannya. Naertama ubah Image Sizenya (dari 3600 px kalo ga salah) menjadi 900 px, trus tinggal potong sesuai lebar blognya. Gue seh pake 900 x 450 px, sesuai lebar kompie gue juga. Abis itu, pake efek Gausian Blur sedikit biar design kotak-kotaknya (gak terlalu keliatan memang) jadi makin gak keliatan .. Hehe .

Striped Paper dari Holiday Magic Scrapbook Kit www.shabbyprincess.com. Kalo ini colorful banget y? Kontras ama latar birunya. Awalnya gue kira gak cocok, tapi pas dimatch-in dengan latar biru, ok banget jadinya! Dipake deh! Kalo ini seh cuma dipotong doang, tapi gak diblur, disharp, de el el. Intinya gak ditambahin efek apapun d ..

EMBELLISHMENT
Pertama untuk background di ka-ki dulu y ... 
Snowy Man 1 dari WinterWonderland Scrapbook Kit www.summertimedesigns.blogspot.com

Christmas Tree Green dari Holiday Magic Scrapbook Kit www.shabbyprincess.com. 
Staple No Shadow dari Plentiful Scrapbook Kit www.shabbyprincess.com


Nah, sekarang untuk headernya ..
Diambil dari Sun Porch Scrapbook Kit www.shabbyprincess.com. Ini dipake untuk huruf2 'Buku Cadok', kecuali huruf U n A nya y .. Tulisan ini dipermak dikit dengan Photoshop (dapat dibaca gimana step permakannya di process pembuatan header).

Beanie1 dari Winter Wonderland Kit www.summertimedesigns.blospot.com.

Hot Cocoa 1 dari Winter Wonderland Kit www.summertimedesigns.blospot.com

Red Brads dari Holiday Magic Scrapbook Kit www.shabbyprincess.com. Nah, untuk brad ini ada warna merah,hijau, n biru. Gue pilih merah n hijau karena 1. Warnanya cerah n kuat .. 2. Suasana Christmas boo!



O y, Semuanya gue bikin pake Photoshop. Sebenernya gue pengen pake Corel juga, dicombine gitu dengan Photoshop, tapi gak nemu file Corel yang bisa masuk ke Photoshop, jadinya kalo transfer bisa kebawa latar-latarnya n kudu diedit lagi (agak males ngedit actually).


Nah, selama 12 jam itu, apa aja yang dikerjain? Padahal kalo liat designnya sederhana n tinggal gabung-gabungin aje. Yok, kita ikuti perjalanannya y ..


BACKGROUND : THE PROCESS 
Dalam Colorful Winter, paling susah ternyata buat backgroundnya. Diganti ampe 7x, karena biarpun design udah bagus, tapi kadang jelek pas dicoba di blognya.

Design 1.Awalnya pengen kaya gini. Tapi pas dicoba di blog n discroll, keliatan beda warna karena keliatan batas antara warna putih (bukit cemara) dengan biru langitnya. Selaen itu, awan biru dicampur dengan pita n snowy jadi jueleek!

Design 2. Nah, bukit cemarany diilangin d. Trus awan birunya dinaekin n pita diganti dengan clip. Tapi pas dicoba di blog, keliatannya masi sendu. Karena birunya keliatan gelap.

Design 3. Biru pada blognya dicoba untuk diterangin. Ditambah layer berwarna biru muda dengan opacity n fill yang dikurangin, jadinya kaya gini

Design 4. Saat discroll, masih keliatan batas backgroundnya, karena gradasi biru pada background tengah gak sama. Masi gelap juga.

Design 5. Dicoba untuk diatur.hue/saturationnya untuk dibuat makin terang. Gak ada patokannya kudu diubah berapa, jadi gue maen-maenin aja tuh kursornya ampe ketemu warna yang gue pengen. Tapi tetep aja, gradasi warna birunya bikin blognya jadi keliatan ada batasnya.

Design 6. Tuh background biru gak mau diajak kerja sama! (ToT). Tetep keliatan batasnya. Huee .. akhirnya diubah d background birunya. Gue pake background dari blog yang sendu kelabu itu, karena birunya ternyata cukup terang n pas dicoba, gak keliatan batas blognya karena warna birunya sama di semua tempat. 

Kalo header seh, gak terlalu ada masalah pas dicoba di blognya. Sekali coba langsung klop. Pas di photoshop juga gak terlalu masalah. Proses headernya :
1. Bikin gambar awannya (tinggal cari Custom Shape Tool di Toolbar, n pilihlah gambar awan). Trus ubah awannya dengan option Styles (untuk nampilin Option, tinggal klik Window, trus centangin kata Styles). nah, gue pake yang 'Basic Drop Shadow'. Jadi gambar awannya agak menonjol, sementara warnanya sama dengan warna background birunya.

2. Tulisan 'Sisi Lain Seorang Dokter' . Pake tulisan dari Photoshop (cari aja font yang cocok dengan tema, yang agak playful, trus tinggal ke Menu Layer - Layer Style - Blending Options. Maen-maenin aja semua option ampe ketemu yang cocok (maksudnya dicoba-coba). Maklum, karena otodidak belajar, jadinya gak tau apa mana yang tepat dipake, jadi semua gue coba ampe nemu yang paling bagus.

3. Tulisan 'Buku Cadok'. Nah, gue ambil dari scrapbook kit  ' Sun Porch', tapi gue ubah sedikit. Ke Image - Adjustment - Hue/Saturation. Ditambah Brightness nya ampe 50, jadi keliatannya tulisan itu bersinar. Hehe .. Trus dibuah lagi dengan Layer - Layer Style - Blending Options. Nah, dibuat jadi Emboss n Chisel Soft, trus ditambah Drop Shadow. Sementara huruf A n U nya diambil dari scrapbook kit lain berjudul 'Winter Wonderland', trus diperlakukan sama seperti huruf lainnya (maksudnya dibuat jadi Emboss juga)

4. Bulet-buletannya ditempelin satu-satu d. Biar warnanya gak mati (karena awalnya kan cuma biru n putih aja. Tadinya dah pake pita, bunga, dll, tapi malah jadi keramean. Cukuplah bulet-buletan itu.


Yakk, segitu d garis besar Colorful Winter : Behind d Design! Dare to be creative n get your imagination come true! /(^o^)/ /(^o^)/ /(^o^)/ /(^o^)/ Happy designing!

4 komentar:

  1. hay cindy.. salam kenal...
    senang membaca postingan kamu, sangat bermanfaat dan membuatku bersemangat ingin mendesain background dan header sendiri...
    salam hangat dari novikyuu..
    semangat menjadi dokter yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai novikyuu ... salam kenal juga .. sori lama bales .. aku udah gak terlalu aktif blogging. hehe ... iyaa .. masih perlu banyak belajar untuk jadi dokter n pribadi yang lebih baik lagi ... :D

      Hapus
    2. iya gak papa, aku juga baru ngeblogging lg... :D btw.. mau nanya.. untuk ukuran background yang tepat untuk blog biar full brp yah? aku gk pernah jadi full.. d tunggu sarannya...

      Hapus
    3. Iyaa ... photoshop kan ada new file. di situ bisa diatur height and width nya. aku pakainya 1000 pixel x 300 pixel ... cuma lebar n tinggi juga bisa diatur di design layout bloggingnya ... sekarang aku dah jarang ganti-ganti desain background ... pakai template yang ada aja dari blogger. cuma sepertinya juga tergantung lebar kompie yang dipake (tapi yang ini ak kurang yakin y)... dulu2 seh coba utak atik sendiri sampai dapet lebar yang pas .. hehe .. mudah2 an bisa ngebantu

      Hapus

C'mon! I ' m waiting your response ... /(^o^)/ /(^o^)/ /(^o^)/