Kamis, 24 April 2014

Memilih untuk Berat Jodoh

Alkisah, kejadian ini baru saja terjadi. Saya lagi ngobrol saja dengan seorang keluarga, dan nyeletuk, " X, aku jadi bridesmaid lagi lho. Si G (salah seorang teman saya) mau ngasih bahan buat bikin baju."

Coba tebak kira-kira apa tanggapan si X? Senang? Biasa aja?



Nope!

Malah keluar kata yang gak enak.

" Jadi bridesmaid lagi? Baru kemarin jadi bridesmaid. Udah berat jodoh juga, udah, gak perlu lah kek gituan. Makin berat aja ... "

HELLOOOOO ....

Bikin panas gak seh kuping dan hati dengernya? Emang gue berat apa ringan jodohnya urusan elu? Yang ngejalanin siapa, yang komentar siapa?

Biarpun berusaha cuek, tetap aja bikin marah. Kesan yang saya tangkap dari komentar tersebut.
" Elu tuh gak laku, ngapain pake acara jadi bridesmaid? Mending cari co aja sana"
" Elu tuh buang waktu jadi bridesmaid sana sini. Temen elu pada kawin, napa elu ikut bantu? Daripada bantu, pake tuh waktu membantu untuk hunting co."  

Saya rasa banyak ce yang diginiin sama keluarganya, akhirnya merasa image yang ditanamkan keluarga itu adalah : seorang ce HARUS KUDU MESTI memiliki suami, kalau enggak elu gak bisa memiliki kehidupan yang sukses.

Dan in my opinion, itu yang bikin banyak dari kita jatuh dalam pernikahan yang menjadi kutuk! Suaminya main tangan, suaminya main ce, suaminya cari duit melulu tapi gak pernah ngasih perhatian sama istri dan anak, suaminya kek gini kek gitu .. dan akhrinya ... menyesal...

C'mon, HARUS memiliki suami itu tidak ada kok dalam ajaran agama (sesuai yang saya yakini y, yakni Kristen).

Ada orang yang memang panggilannya hidup sendiri ...
Ada juga yang memang belum waktunya ...
Ada juga yang masih menilai kepribadian lawan jenis ...
Ada beribu alasan mengapa seseorang tetap single ...

Tapi jangan membutakan diri sendiri karena ucapan keluarga yang seperti itu, lalu langsung main tabrak-tubruk comot co sembarangan, langsung nikah ... Gak kenal dulu co nya, ada juga yang takut kalau putus dengan co nya gak dapet lagi (padahal ni co jelas gak cocok dan bertabrakan dengan prinsip yang kita anut). Ya ampun! Menikah itu bukan suatu keharusan. Ngapain harus memaksakan diri menikah padahal sudah ada bayangan kalau pernikahan itu bakal jadi suatu hal yang membuat kita depresi dan menyesal karena kelakuan co nya yang tidak baik?

Jadi kalau dibilang '' udah berat jodoh" ... "tar berat jodoh" ... peduli amat! Toh pilihan saya untuk berat jodoh selama memang masih belum waktunya dan belum orangnya. Daripada gak sabar, malah jadi rugi perasaan, rugi hubungan, rugi tenaga juga ... Malah akhirnya menyesal ... Dan kalau sudah menyesal, memangnya bisa nuntut tanggung jawab ke orang yang mencap kita 'berat jodoh'?


(hanya luapan perasaan akibat dua kata mematikan itu, 'berat jodoh')

1 komentar:

  1. wkwkkw seriously? saya juga. Padahal baru pertama mau jadi Bridemaid, tapi dikatain nanti BERAT JODOH. WTH... :(

    BalasHapus

C'mon! I ' m waiting your response ... /(^o^)/ /(^o^)/ /(^o^)/